Alat analisas jenis batuk, deteksi dini covid-19. Foto: Dok/Metro TV
Alat analisas jenis batuk, deteksi dini covid-19. Foto: Dok/Metro TV

Keren! Inovasi Alat Analisa Jenis Batuk Bisa Deteksi Dini Covid-19

Nasional covid-19 ITS
MetroTV • 29 Januari 2022 01:25
Jakarta: Tim Riset Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya merancang alat deteksi dini Covid-19 melalui metode suara batuk. Alat ini diklaim dapat mendeteksi berbagai jenis batuk termasuk Covid-19 dalam waktu singkat dan tingkat akurasi 93 persen.
 
"Alat ini sederhana, menangkap suara menggunakan mikrofon dari serangkaian fitur yang kami olah sehingga ada ciri antara batuk normal dan batuk sakit seperti Covid-19 atau Bronkitis," kata Ketua Tim Riset Flagship ITS Dhany Arifianto, dalam program Newsline Metro TV, Jumat, 28 Januari 2022.
 
Dhany menerangkan, alat diagnosis kesehatan Elbicare Cough Analyzer ini bukan hanya peruntukan Covid-19 tapi untuk membantu dokter paru dalam diagnosis. "Dalam serangkaian penegakan diagnosis dokter paru, kami ambil langkah ketika pemeriksaan lewat suara," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dhany menjelaskan, cara kerja alat Elbicare Cough Analyzer memudahkan dokter paru dalam menjalani tugasnya. Sehingga lebih efektif dan efisien.
 
"Jadi saat pasien batuk dokter tidak perlu menggunakan hasmat (baju pelindung), karena suara langsung diolah kemudian akan tampil di layar komputer atau handphone dokter, dan ada perkiraan sakitnya. Usai itu dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut," tutur Dhany.
 
Menurut Dhany, hasil tolok ukur efektivitas 93 persen. Melalui sampel 3 ribu suara jenis batuk yang berbeda dan diolah menggunakan pola lebih dalam sehingga mendapatkan jenis batuk yang terklasifikasi.
 
"Klasifikasi tersebut kami dapatkan sensitivitasnya sekitar 93 persen, jadi terlihat ini batuk bronkitis atau covid-19," kata dia.
 
Keunggulan alat ini hanya mengambil suara saja, sama seperti para dokter memeriksa pasien batuk dengan stetoskop. "Hadirnya alat ini kurang lebih menggantikan stetoskop yang tanpa perlu kontak langsung dengan pasien," kata dia. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif