Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2022 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar, Jumat 22 April 2022. ANTARA/HO-Polda Bali
Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2022 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar, Jumat 22 April 2022. ANTARA/HO-Polda Bali

Kantong Parkir Antisipasi Lonjakan Pemudik, di Setiap Pelabuhan Bali

Nasional Mudik Lebaran bali Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Antara • 23 April 2022 07:07
Denpasar: Polda Bali menyiapkan kantong-kantong parkir di Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang atau pemudik saat perayaan Idulfitri 1443 Hijriyah.
 
"Ada hal yang khusus di sini untuk mengantisipasi memang lonjakan kegiatan mudik ini khususnya di Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai menyiapkan kantong-kantong parkir tersebut," kata Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra, di Denpasar, Jumat, 22 April 2022.
 
Baca: Kuota Mudik Gratis Polri Masih Ada 15 Ribu Kursi
 
Dia mengatakan di Pelabuhan Gilimanuk ada lima kantong parkir untuk menuju dermaga. Di dermaga juga disiapkan adanya zona-zona, seperti zona kendaraan berat, zona kendaraan kecil, zona kendaraan bermotor, termasuk para pejalan kaki atau yang tanpa kendaraan.
 
Di Pelabuhan Padangbai disiapkan empat kantong parkir apabila sebelum masuk wilayah Padangbai agar tidak terjadi penumpukan penumpang mulai wilayah Yeh Malet dan Goa Lawah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu juga di dalamnya kami bagi lagi menjadi zona-zona untuk kendaraan berat, untuk kendaraan yang lebih kecil, dan kendaraan bermotor juga orang. Itu atur sehingga diharapkan nanti arus mudik melalui pelabuhan bisa berjalan lancar," jelasnya.
 
Ia juga akan mengoordinasikan berapa jumlah kapal yang ada di Pelabuhan Gilimanuk dan berapa jumlah kapal di Padangbai.
 
Data sementara di Pelabuhan Gilimanuk sekitar 48 kapal bisa dioperasikan dan kemungkinan tripnya bisa lebih dari 200 perjalanan, sedangkan di Padangbai ada 21 kapal yang bisa dioperasionalkan dan sekitar 13 trip perjalanan per hari.
 
Ia mengatakan penggunaan kantong parkir ini juga memfasilitasi penumpang yang belum lengkap melakukan vaksinasi hingga dosis penguat.
 
"Di Provinsi Bali vaksin satu dan vaksin kedua angkanya sudah cukup baik secara nasional itu sudah lebih daripada 100 persen dan vaksin ketiga, vaksin 'booster' (penguat) sudah 58 bahkan mendekati 60 persen. Kami harapkan menjelang percepatan bisa lebih daripada itu," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif