Pelabuhan Merak, Banten. (Medcom.id/Hendrik)
Pelabuhan Merak, Banten. (Medcom.id/Hendrik)

Tren Keberangkatan Pemudik di Pelabuhan Merak Berubah

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 26 April 2022 19:04
Tangerang: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan telah terjadi pergeseran arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. Jika pada 2019 mayoritas pemudik memilih perjalanan malam hari, saat ini pemudik lebih menyukai keberangkatan siang hari.
 
"Saya lihat dermaga sudah mulai penuh. Bahkan, arus mudik di Pelabuhan Merak sempat masuk situasi kuning, artinya sempat ada penyekatan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan," ujarnya, saat memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa, 26 April 2022.
 
Sigit menuturkan, pergeseran ini juga sejalan dengan minat mudik masyarakat tahun ini setelah dua tahun tidak dilaksanakan, lantaran terkendala situasi pandemi covid-19. Pada tahun ini, lanjutnya, diprediksi terjadi lonjakan arus mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat bersama arus mudik sudah mulai terlihat. Ini hal yang baik, khususnya untuk mengurai kemacetan yang diprediksi terjadi pada puncak arus mudik pada H-4 hingga H-1," katanya. 
 
Sementara, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry saat angkutan lebaran 2022 dari 4 pelabuhan utama yakni Merak-Bakauheni-Ketapang-Gilimanuk, tetap mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy, menjaga stamina kesehatan dan kendaraan tetap prima,  menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.
 
Baca juga: Polda Lampung-Banten Bentuk Satgas Cegah Begal Saat mudik
 
"Tentu menjadi harapan seluruh pihak bahwa perjalanan mudik dengan kapal ferry tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat. Kami harapkan kerja sama dan pengertian seluruh pengguna jasa agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan karena menjelang puncak arus mudik, volume pemudik dan kendaraan terus meningkat," kata Ira.
 
Menurut survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub), Sigit menambahkan, pada 2022 diperkirakan ada 85 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran. 
 
"Untuk wilayah Jawa dan Sumatera terbagi, jalur yang mengarah ke timur kurang lebih 52 persen dan ke arah Sumatra kurang lebih 30 persen," jelasnya.
 
Berdasarkan data posko pada 22 April 2022 (H-10) hingga Selasa, 26 April 2022 pagi (H-7), tercatat sudah 168.512 orang dan 39.406 unit kendaraan yang meninggalkan pulau Jawa menuju Sumatra melalui Pelabuhan Merak, Banten. 
 
Dari total kendaraan dapat dirinci jumlah roda dua sebanyak 5.347 unit, roda empat sebanyak 19.549 unit, bus sebanyak 1.461 unit dan truk sebanyak 13.049 unit yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni sejak H-10 hingga H-7. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif