Personel BPBD bersama polisi sedang memadamkan api di desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Rabu, 1 Juli 2020. Dokumentasi/ Istimewa
Personel BPBD bersama polisi sedang memadamkan api di desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Rabu, 1 Juli 2020. Dokumentasi/ Istimewa

Satu Hektare Lahan di Musi Rawas Sumsel Terbakar

Nasional kebakaran hutan
Gonti Hadi Wibowo • 02 Juli 2020 21:30
Musi Rawas: Lahan seluas satu hektare di desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan, terbakar, pada Rabu, 1 Juli 2020. Kebakaran tersebut menjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pertama di Sumsel pada tahun ini.
 
Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan lahan yang terbakar merupakan lahan mineral yang berisi semak belukar dan ranting karet kering.
 
"Dari catatan kami luas lahan satu hektare ini yang terbesar terbakar. Sebelumnya juga ada lahan yang terbakar tetapi tidak terlalu besar dan juga cepat dipadamkan," kata Ansori saat dikonfirmasi, Kamis, 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Banjarmasin Perbanyak Kampung Tangguh Covid-19
 
Ansori menjelaskan setelah pihaknya mendapat informasi adanya Karhutla, personel BPBD bersama polisi langsung bergerak ke lokasi untuk memadamkan lahan dengan melakukan penyemprotan air menggunakan mobil pemadaman.
 
Petugas juga melakukan penyekatan agar api tidak kembali menyala dan merembet ke daerah lain. Dari dugaan awal, kebakaran lahan tersebut disebabkan salah seorang pemilik lahan untuk untuk membuka lahan baru.
 
"Saat ini petugas tengah menyelidiki apakah adakah unsur kesengajaan atau tidak karena bisa dipidanakan. Kami berhatap kejadian serupa tidak terulang kembali," jelasnya.
 

(DEN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif