Sebanyak 45 pompa air dikerahkan untuk menguras banjir di Kecamatan Periuk. Foto: Medcom.id/Hendrik S
Sebanyak 45 pompa air dikerahkan untuk menguras banjir di Kecamatan Periuk. Foto: Medcom.id/Hendrik S

Pemkot Tangerang Minta Bantuan Pemprov Banten Atasi Banjir

Nasional longsor bencana longsor bencana banjir
Hendrik Simorangkir • 07 Februari 2020 18:32
Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meminta bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk menangani banjir di kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Permintaan tersebut ditujukan terkait pengerukan Situ Bulakan yang menjadi wewenang Pemprov Banten.
 
"Saya sudah kirimkan surat ke Gubernur Banten (Wahidin Halim), saya minta danau-danau aset provinsi untuk dikeruk saja karena di Situ Bulakan banyak bangunan liar," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Jumat, 7 Desember 2020.
 
Arief juga mengusulkan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, agar Sungai Cirarab yang melintas di wilayah Kecamatan Periuk dapat segera dinormalisasi. Sebab, lanjutnya, limpasan air dari Sungai Cirarab tidak dapat ditanggulangi walau sudah didirikan turab di sekitarnya.
"Sebelumnya kita sudah ajukan rencana normalisasi sungai," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief menjelaskan pengajuan itu bukan tanpa alasan mengingat kapasitas Sungai Cirarab dirasa kurang memadai saat menerima kiriman air dari hulu. Terlebih di saat memasuki musim penghujan sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut.
 
"Seperti sekarang akhirnya air limpas ke perumahan. Padahal sudah ada turap yang dibangun di sepanjang wilayah Kecamatan Periuk," jelasnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif