Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo saat meninjau lokasi pembangunan ruko pascarusuh Wamena. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo saat meninjau lokasi pembangunan ruko pascarusuh Wamena. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Rehabilitasi Wamena Pascarusuh Dinilai Berjalan Baik

Nasional Kerusuhan Manokwari
Roylinus Ratumakin • 07 Februari 2020 14:40
Jayapura: Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo, meninjau progres rehabilitasi Wamena, Jayawijaya, Papua, pasca-kerusuhan beberapa waktu lalu. Wetipo menilai pembangunan 403 rumah toko (ruko) dalam proses rehabilitasi berjalan baik.
 
"Saya sudah tinjau pembangunannya dan ada progres di sana. Sudah ada 10 ruko yang sudah selesai dikerjakan dalam waktu dua minggu," kata Wetipo, Jumat, 7 Februari 2020.
 
Ia mengapresiasi keterlibatan pengusaha dalam progres rehabilitasi. Meskipun dia mengakui, ada sejumlah kendala yang dihadapi untuk mengembalikan kondisi Wamena pascarusuh pada 23 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misalnya puing-puing bangunan ruko yang belum bisa dipindahkan karena belum ada tempat. Saya sudah minta Gapensi dan Pemkab Jayawijaya untuk membantu. Kalau hal ini dikerjakan bersama-sama, saya yakin dapat selesai dengan cepat," ujarnya.
 
Selain itu, terkait permodalan bagi para pedagang yang kiosnya terdampak kerusuhan, pihaknya akan mempertimbangkan untuk memberikan modal usaha. "Saya masih mencari solusi yang baik soal itu," jelasnya.
 
Wetipo mengungkapkan pembangunan ruko akan dibagi ke dalam empat kontrak besar. Ia memastikan bahan bangunan yang dibutuhkan telah tersedia sehingga pengusaha tak perlu memusingkan pembayaran.
 
"Nanti kalau sudah beberapa ruko yang jadi baru proses pembayarannya dilakukan," lanjut dia.
 
Terkait dengan 190 rumah warga yang juga akan dibangun ulang, imbuh Wetipo, hingga kini sudah 20 rumah rampung dikerjakan. "Mudah-mudahan dalam kurun waktu 10 bulan pembangunannya bisa tuntas 100 persen," pungkasnya.
 

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif