Sejumlah warga menyiapkan sembako untuk didistribusikan kepada masyarakat misikin. Foto: Istimewa
Sejumlah warga menyiapkan sembako untuk didistribusikan kepada masyarakat misikin. Foto: Istimewa

Desa di Purworejo Salurkan Bantuan Cair Langsung

Nasional Virus Korona
Bagus Aryo Wicaksono • 14 Mei 2020 12:50
Purworejo: Pemerintah Desa Krandengan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai untuk warga miskin terdampak pandemi korona. Sumber dana berasal dari zakat, infak, dan sedekah yang dikelola langsung pemerintah desa.
 
Kepala Desa Krandengan, Dwinanto, bantuan tunai bernama Bantuan Cair Langsung (BCL), berupa uang tunai Rp300 ribu. BCL diperuntukan ke keluarga yang belum tersentuh bantuan pemerintah pusat maupun daerah.
 
"Banyak warga kami masuk kategori miskin belum tersentuh bantuan dari pemerintah karena masalah regulasi atau kuota pemerintah. Oleh sebab itu BCL hadir untuk mengisi ruang kosong tersebut," ujar Dwinanto, Kamis, 14 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain program BCL, Pemdes Kradengan berinovasi melalui pasar obah atau pasar bergerak. Pasar itu menyediakan bahan pangan berupak paket sembako, yang diantar langsung ke rumah warga.
 
Dwinanto, mengatakan paket sembako berisi beras, telur, mie instan, minyak goreng dan gula pasir. Satu paket sembako itu dijual Rp100 ribu.
 
"Untuk masyarakat yang masih sanggup membeli, harganya jauh lebih murah karena sudah kita subsidi. Tapi warga miskin yang tidak mampu membeli, akan diberikan gratis," ujar Dwinanto.
 
Dia menuturkan pasar obah menjadi inovasi dari desa Krandengan untuk membantu warga selama pandemi covid-19. Dia berharap warganya bisa terbantu dengan sembako murah tersebut.
 
"Pendanaan dari masyarakat mampu dan perantau. Kami punya slogan connecting people, menghubungkan masyarakat kaya dan miskin," jelasnya.
 
Dia mengaku antusias masyarakat yang berdonasi luar biasa. Dia mengungkap donasi yang terkumpul Rp70 juta, dalam tiga hari.
 
Selain pasar bergerak, Desa Krandengan juga punya program lain untuk membantu masyarakat selama pandemi korona. Program tersebut berupa pembagian bibit gratis dan program padat karya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif