Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Antisipasi Bencana, Sleman Normalisasi Saluran dan Pangkas Pohon

Nasional cuaca ekstrem bencana alam fenomena alam
Antara • 19 Oktober 2020 08:54
Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan normalisasi saluran air hujan (SAH) di daerah rawan genangan dan pemangkasan dahan-dahan pohon perindang yang rawan untuk mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi pada musim hujan tahun ini.
 
"Memasuki musim hujan dan fenomena La Nina, kami telah melakukan langkah antisipasi dengan normalisasi SAH dan pemangkasan pohon-pohon yang rawan," kata Bupati Sleman Sri Purnomo, Senin, 19 Oktober 2020.
 
Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mengantisipasi dampak dari musim hujan dan fenomena La Nina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menginstruksikan OPD terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) untuk membersihkan parit-parit dan memastikan saluran air ke embung yang ada di Sleman berfungsi dengan baik," ujarnya.
 
Baca juga:Kasus Covid-19 di Sumut Terbesar Keenam se-Indonesia
 
Ia mengatakan, hal ini untuk antisipasi jika hujan lebat terjadi, air dalam jumlah besar dapat tertampung dan tidak menimbulkan banjir.
 
"Kami juga menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman untuk menginventarisasi pohon-pohon rawan tumbang untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," lanjut dia.
 
Sri Purnomo mengatakan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BMKG untuk memberikan informasi wilayah potensi longsor pada Pusdalop BPBD Kabupaten Sleman.
 
"Upaya ini untuk melakukan langkah antisipasi meminimalisasi kerugian materi dan mengupayakan keselamatan warga Kabupaten Sleman," jelas Sri.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif