ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tutup Sementara Kantor Disdukcapil Kulon Progo

Nasional Virus Korona protokol kesehatan
Ahmad Mustaqim • 16 November 2020 14:34
Kulon Progo: Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menutup sementara Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Keputusan itu diambil menyusul terjadinya penularan covid-19 di kantor layanan publik itu.
 
"Mengingat sudah ada kasus yang positif di Dinas Dukcapil, kami merekomendasikan untuk sementara kantor tersebut ditutup dari Senin-Rabu, 16-18 November," kata Koordinator Gugus Tugas COVID-19 Bidang Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami dihubungi, Senin, 16 November 2020.
 
Pihaknya menyerahkan instansi setempat untuk membuat pengumuman resmi. Ia mengatakan kantor tersebut akan disterilisasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini kita tempuh agar ada kesempatan untuk dilakukan disinfeksi di seluruh ruangan kantor tersebut serta kesiapan-kesiapan lain yang diperlukan, sambil menunggu keluarnya hasil swab para karyawan," kata dia.
 
Baca:Penyebab Kebakaran di Polda Jatim Masih Misteri
 
Ia meminta Disdukcapil Kulon Progo melakukan pelayanan tanpa tatap muka untuk sementara waktu.
 
Kasus positif covid-19 di Disdukcapil Kulon Progo menjangkau sejumlah karyawan kantor tersebut, termasuk pimpinan. Kasus tersebut masih dalam penelusuran kontrak erat.
 
Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, mengatakan, ada dua orang yang diketahui positif di kantor itu. Hasil penelusuran kontak erat menjangkau 39 orang.
 
"39 orang yang ditracing itu 50 persen di antaranya bergejala," kata Baning.
 
Pihaknya mengimbau warga yang sempat mengurus administrasi kependudukan dengan tatap muka atau mengalami gejala demam, batuk, pilek, sesak napas, gangguan indera penciuman serta perasa segera periksa ke Puskesmas.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif