ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Positif Covid-19 di Purworejo Mencapai 3.492 Kasus

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Bagus Aryo Wicaksono • 22 Januari 2021 09:28
Purworejo: Angka kasus positif covid-19 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, masih tinggi. Data terakhir menunjukkan positif covid-19 telah mencapai 3.492 kasus.
 
"Dari 3.492 kasus, 2.899 orang telah sembuh. Sisanya masih terdapat 476 pasien positif," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Purworejo, Tolkha Amaruddin, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Tolkha menuturkan, pasien positif covid-19 terbagi menjadi dua, yakni pasien yang menjalani isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit. Pasien yang menjalani isolasi mandiri berjumlah 440 orang, sementara 36 pasien dirawat di rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia jumlahnya 117 orang," imbuhnya.
 
Bupati Purworejo, Agus Bastian, mengatakan pemerintah telah berupaya maksimal untuk memutus penyebaran covid-19. Pemkab Purworejo gencar melakukan tracing dan swab tes kepada orang terdekat pasien terkonfirmasi positif.
 
Baca: Asrama Haji di Seluruh Provinsi Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19
 
"Semua upaya pemerintah tentu tidak bisa berjalan mulus tanpa dukungan masyarakat. Oleh karenanya kita harapkan masyarakat senantiasa mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Bastian.
 
Bastian menuturkan, Purworejo baru akan mulai melakukan vaksinasi tahap pertama pada awal Februari untuk tenaga kesehatan. Sedangkan vaksinasi untuk masyarakat luas dilakukan April.
 
“Mudah-mudahan vaksinasi berjalan dengan lancar. Disiplin mengenakan masker merupakan upaya paling mudah untuk mencegah penularan covid-19," ujarnya.
 
Pemkab Purworejo juga akan mendistribusikan puluhan ribu masker kepada masyarakat. Khususnya masyarakat yang berada di wilayah dengan angka kasus positif Covid-19 tinggi.
 
"Kita telah menerima bantuan 36.000 masker dari Yayasan Bhakti Sosial Ikhlas Tambora (YBSIT). Masker akan didistribusikan kepada warga di desa zona merah," imbuhnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif