Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Pangandaran

Nasional Gempa Bumi
Kristiadi • 11 Januari 2020 07:10
Pangandaran: Gempa magnitudo (M) 4,5 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu, 11 Januari 2020 sekitar pukul 05.06 WIB. Pusat gempa yang berada di 83 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran itu tak berpotensi tsunami.
 
"Getarannya terasa hingga Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Namun, sampai sekarang belum ada informasi kerusakan rumah. Kondisi gelombang laut aman dan tidak menimbulkan tsunami, tetapi harus waspada," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, Sabtu, 11 Januari 2020.
 
Nana mengatakan kondisi saat ini telah kembali normal. Pihaknya akan melakukan pengecekan untuk mengetahui kerusakan pada bangunan-bangunan masyarakat yang terdampak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kata Nana, gempa di Kabupaten Pangandaran berjenis gempa dangkal akibat aktivitas di intraslab Lempeng Eurasia.
 
"Gempa dirasakan di wilayah Pangandaran, Ciamis, Garut, dan Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II-III MMI, di Pangalengan dan Cilacap dengan Skala Intensitas I - II MMI," jelasnya.
 
"Kami meminta masyarakat tetap waspada apalagi dalam kondisi sekarang banyak terjadi longsor dan banjir di musim hujan," imbuh dia.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif