Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pemasangan cetakan semen pada proyek normalisasi Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: MI/Pius Erlangga.
Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pemasangan cetakan semen pada proyek normalisasi Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: MI/Pius Erlangga.

Pakar Sebut Normalisasi dan Naturalisasi Harus Dipadukan

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Patricia Vicka • 07 Januari 2020 10:05
Yogyakarta: Sejumlah pakar Hidrologi dari UGM menyarankan Pemda DKI Jakarta menggabungkan program naturalisasi dan normalisasi sungai untuk mengatasi banjir. Kedua progam tersebut tidak dapat dipisahkan jika mengingikan Jakarta bebas banjir.
 
"Kedua program ini saling melengkapi untuk mengurangi banjir," ujar Pakar Hidrologi dari UGM Rachmad Jayadi, di UGM Yogyakarta, Senin, 6 Januari 2020.
 
Dia menerangkan air hujan yang jatuh di wilayah Jakarta bisa diserap ke tanah melalui naturalisasi. Sedangkan air kiriman harus dialirkan melalui gorong-gorong dengan proses normalisasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan naturalisasi akan menjaga air bawah tanah tetap terjaga, sehingga permukaan tanah tidak turun. Sementara normalisasi sungai untuk mengalirkan air kiriman maupun air hujan dikala cuaca ekstrim melanda.
 
"Naturalisasi cocok dipakai saat curah hujan normal. Sementara normalisasi sungai dipakai saat curah hujan sangat tinggi," imbuhnya.
 
Satu suara, Pakar Hidrologi UGM Nur Yuwono mengatakan penggabungan keduanya dinilai mampu mengurangi banjir di Jakarta. Dia mencontohkan kedua sistem itu juga dipakai oleh pemerintah Singapura untuk mengatasi banjir.
 
Pemerintah Singapura tengah memperbanyak daerah resapan air (biopori). Tapi Pemerintah Singapura juga membangun gorong-gorong besar di bawah tanah untuk mengairkan air ke laut.
 
"Nah sekarang tugas pemerintah Jakarta adalah memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) untuk menyerap air," jelasnya.
 
Dia mendorong Pemprov DKI untuk memperkuat struktur drainase dengan beton agar tahan erosi. Sampah yang terkumpul di sungai perlu dibersihkan secara rutin.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif