NEWSTICKER
 Sejumlah warga mengambil air di sebuah kolam di Desa Parakanlima, Lebak, Banten. Foto: ANT/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS
Sejumlah warga mengambil air di sebuah kolam di Desa Parakanlima, Lebak, Banten. Foto: ANT/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS

19 Kecamatan di Lebak Krisis Air Bersih

Nasional krisis air bersih
Antara • 21 September 2019 11:45
Lebak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyebutkan sebanyak 19 kecamatan di Lebak mengalami krisis air bersih akibat kemarau. Masyarakat memanfaatkan aliran sungai untuk keperluan mandi, cuci, dan kakus (MCK).
 
"Kami terus mengoptimalkan pendistribusian air bersih ke permukiman penduduk," kata Kepala Seksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Madias di Lebak, Sabtu, 21 September 2019.
 
Dia mengungkap wilayah yang dilanda krisis air bersih yakni Kecamatan Sajira, Cipanas, Bojongmanik, Leuwidamar, Cirinten, Warunggunung, Gunungkencana, Cihara, Wanasalam dan Panggarangan. Selanjutnya, Kecamatan Bayah, Cigemblong, Cijaku, Cilograng, Cimarga, Muncang, Bayah, Cilograng dan Cibadak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka mendapat air dari aliran sungai dan membuat lubang di tepi aliran sungai untuk menampung air," jelasnya.
 
Dia menambahkan krisis air bersih di Kabupaten Lebak berlangsung sejak tiga bulan lalu. BPBD Lebak menetapkan status siaga bencana kekeringan dengan menyalurkan bantuan pendistribusian air bersih.
 
"Kami minta masyarakat jika mengajukan permohonan pendistribusian air bersih agar diketahui aparat desa dan kecamatan, karena menggunakan dana pemerintah," lanjutnya.
 
Dia menerangkan diperkirakan masyarakat yang dilanda krisis air bersih bertambah. Madias melanjutkan kecamatan yang mengalami krisis air bersih tersebar di 17 kecamatan, terlebih curah hujan hingga kini belum turun.
 
Dia menambahkan pendistribusian air bersih dilakukan secara bergiliran karena terbatasnya angkutan kendaraan tangki. BPBD hari ini menyalurkan air bersih ke wilayah Lebak bagian tengah meliputi Kecamatan Cimarga, Bojongmanik, Leuwidamar dan Cirinten.
 
"Kami menyalurkan pasokan bantuan air bersih ke daerah itu sebanyak 24 ribu liter dan mencukupi untuk tiga hari ke depan," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif