Polisi menunjukkan barang bukti mesin traktor hasil curian.  Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Polisi menunjukkan barang bukti mesin traktor hasil curian. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Pencuri Mesin Traktor di Bantul Diberondong Peluru

Nasional pencurian
Ahmad Mustaqim • 09 Desember 2019 19:37
Bantul: Kepolisian Resort Bantul memberondong sejumlah orang yang mencuri mesin yang digunakan produksi petani di Kecamatan Sanden, Bantul. Tiga orang ditangkap dalam kasus itu.
 
"Mereka ditangkap setelah curi mesin traktor pada Kamis (5 Desember) dini hari," kata Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tribudi Sulistiyono di Mapolres Bantul, Senin, 9 Desember 2019.
 
Tiga pencuri yang ditangkap yakni Suparman, 41, warga Kecamatan Kalasan, Sleman; Suradiyono, 66, warga Kecamatan Depok, Sleman; dan Suyono, 35, warga Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sejumlah tembakan sempat dilepaskan polisi berulang kali karena mereka berusaha kabur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wachyu mengatakan, mereka beroperasi dengan sebuah mobil berwarna putih. Ia menyebut pelaku bernama Suparman terpaksa ditembak kakinya lantaran berusaha melawan.
 
"Kami lepaskan tembakan beberapa ke mobil yang digunakan pelaku. Seorang pelaku sempat akan melarikan diri, sehingga kami tembak," ujarnya.
 
Ia menyatakan para pelaku mencuri mesin traktor ada di beberapa lokasi. Selain di Sanden, juga di Kecamatan Bambanglipuro dan Sewon, Bantul. Bahkan, mereka juga mencuri di Kabupaten Kulon Progo dan Gunungkidul.
 
"Dua pelaku statusnya residivis kasus sama. Kasus ini masih kami kembangkan," ujarnya.
 
Kepada kepolisian, barang hasil curian itu lantas dijual ke wilayah Solo, Jawa Tengah. Setiap mesin dihargai Rp4 juta per mesin.
 
Polisi juga menyita dua mesin traktor hasil curian. Selain itu, juga menyita sebuah mobil warna putih yang terdapat bekas tembakan di pintu sebelah kiri dan bagian depan.
 
"Para pelaku kami jerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4e, 5e KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara," ungkapnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif