Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Anggaran Pendidikan Provinsi Jateng Mencapai Rp1 Triliun

Nasional Anggaran Pendidikan
Mustholih • 14 Agustus 2019 15:08
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana menggratiskan biaya Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bagi siswa tidak mampu. Anggaran senilai Rp1 triliun sedang digodok untuk merealisasikan program sekolah gratis itu pada tahun ajaran 2020-2021.
 
"Sekarang anggaran sedang dibahas, kira-kira Rp1 triliun lebih sedikit. Saya lupa pastinya. Mudah-mudahan lancar. Kami ingin menjamin mereka yang benar-benar miskin sekolahnya gratis," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Ganjar menjelaskan sekolah gratis diprioritaskan bagi siswa dari keluarga kurang mampu. Sehingga orang tua siswa yang mampu diharap tidak mengajukan diri dalam program sekolah gratis tersebut. "Orang mampu kok dibantu, apa tidak keliru? Kami prioritaskan untuk siswa miskin," jelas Ganjar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menggratiskan biaya sekolah, Pemprov Jateng juga berupaya mengikis stigma sekolah favorit dan sekolah non-favorit. Sehingga Ganjar berujar akan melakukan pemerataan sarana dan prasarana sekolah.
 
"Pak Mendikbud bilang tidak boleh ada sekolah favorit. Maka jalan satu-satunya adalah memfavoritkan semua sekolah. Nah anggaran ini nanti juga kami gunakan untuk itu," pungkas Ganjar.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif