Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso

Menteri KKP Janjikan Pemenuhan Air Bersih di Untia

Nasional krisis air bersih
Muhammad Syawaluddin • 02 Desember 2019 11:48
Makassar: Kebutuhan air bersih dikeluhkan masyarakat pesisir di Kelurahan Untia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Dia menargetkan sebulan ke depan telah mengambil langkah untuk pemenuhan air bersih warga di Untia.
 
"Untuk sementara ini, tangki mobil akan membawa air bersih ke masyarakat," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 1 Desember 2019.
 
Edhy meminta jajarannya dan Pemerintah Kota Makassar untuk mengadakan air bersih di Kelurahan Untia. Pemenuhan air bersih akan menggunakan anggaran bulan ke depan hingga proses pemasangan pipa air bersih ke ratusan kepala keluarga selesai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita kasih bolak-balik tangki. Dirjen Penangkapan punya anggaran untuk itu. Beri mereka air bersih jangan secukupnya saja," jelasnya.
 
Dia juga meminta agar masyarakat dibuatkan tempat penampungan air. Sehingga kebutuhan air warga di wilayah pesisir Kota Makassar bisa terpenuhi.
 
Kekurangan air di Kelurahan Untia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dikeluhkan masyarakat dihadapan Edhy, saat proses tanya jawab. Warga menyebut janji ketersediaan air bersih oleh pemerintah belum terlaksana hingga kini.
 
Salah satu warga menyebut, untuk memenuhi kebutuhan air, harus mengeluarkan Rp2.000 per jeriken. Sementara kebutuhan masyarakat tiap kepala keluarga di Kelurahan Untia sebanyak 40 jeriken.
 
"Kita harus keluarkan Rp80.000 hanya untuk air," keluh, Khadijah.
 
Belum lagi, kebutuhan lain seperti beras dan kebutuhan pokok lainnya. Sementara pendapatan sebagai nelayan tidak mencukupi untuk membeli semua kebutuhan.
 
"Dari semua, saya sebagi ibu yang paling merasakan hal itu (kekurangan air)," katanya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif