Ilustrasi kartu BPJS/MI/Ramdani
Ilustrasi kartu BPJS/MI/Ramdani

Puluhan Peserta BPJS di Sidoarjo Turun Kelas Setiap Hari

Nasional BPJS Kesehatan
Syaikhul Hadi • 03 Desember 2019 19:59
Sidoarjo: Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sidoarjo menyebut ada puluhan peserta turun kelas setiap harinya. Hal itu terjadi setelah adanya penyesuaian tarif iuran yang ditetapkan pemerintah pusat.
 
"Mereka mengajukan untuk turun kelas dari kelas II ke kelas III," kata kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo, Sri Mugirahayu, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Sri menjelaskan berdasar catatan BPJS Kesehatan, dari jumlah total 200 ribuan peserta BPJS mandiri, ada sekitar 40-50 peserta yang mengajukan turun kelas ke kantor BPJS. Sementara sisanya kisaran 30-40 peserta menyatakan turun kelas melalui mobil layanan keliling.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kalau dirata-rata, setiap hari ada sekitar 80 orang mengajukan turun kelas dan mayoritas peserta BPJS mandiri," jelas Sri.
 
Menurt Sri jumlah tersebut tidak lah terlalu banyak. Dikarenakan peserta BPJS Kesehatan Sidoarjo Mayoritas adalah PPU (pekerja penerima upah). Dari sekitar 1,6 juta peserta BPJS Kesehatan Sidoarjo atau 83 persen dari jumlah penduduk, peserta kategori PPU badan usahanya mendominasi.
 
"Jumlahnya lebih dari 500.000 orang peserta. Ini PR bagi kami. Karena mulai tahun depan peserta kategori ini akan naik kelas 1 semua, lantaran UMK sudah Rp 4,2 juta," ungkap Sri.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif