NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Pelajar SMP Mengarang Cerita Jadi Korban Penculikan

Nasional penculikan
Muhammad Syawaluddin • 30 Januari 2020 19:33
Makassar: Penyidik Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, menetapkan SF, 15, sebagai tersangka pemberi keterangan palsu. SF diduga berbohong dengan menyebut menjadi korban penculikan usai menghilang selama 12 hari.
 
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko, mengatakan, SF menyatakan dirinya diculik oleh dua orang perempuan pada 16 Januari 2020.
 
"SF ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemberian keterangan palsu. Untuk pasalnya masih kita kaji," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 30 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Indra, remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama itu menceritakan telah disekap dan disiksa oleh dua orang perempuan. Peristiwa terjadi saat SF hendak pulang ke rumahnya di Jalan Cilalang, Kecamatan Rappocini, Makassar.
 
"SF bercerita dibawa keluar Kota Makassar dan tiga kali pindah tempat. Mulai dari Sudiang lalu ke Daya di Kota Makassar dan ke Kabupaten Gowa. Selama diculik ia mengaku disekap dan hanya diberi satu kali makan," beber dia.
 
Kejanggalan muncul saat SF tak bisa menjelaskan bagaimana ia lolos dari pelaku. SF hanya menyinggung dirinya sadar saat berada di Jalan Pampang, Kecamatan Panakkukang, Makassar.
 
"Setelah diperiksa kami menemukan bahwa SF merekayasa cerita penculikannya. Selama 12 hari, dirinya bersama dengan pacarnya, F, 16," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Indra menjerat F dengan Pasal 81 ayat 3 juncto Pasal 76 D, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, lantaran diduga terlibat dalam rekayasa cerita SF.
 
"Keduanya ditetapkan tersangka. F diduga dalang kebohongan SF. Kalau ada lagi (yang terlibat) kami beri sanksi hukum," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif