Bupati Sleman Sri Purnomo di Yogyakarta Selasa, 28 Januari 2020. Medcom.id/ Patricia Vicka
Bupati Sleman Sri Purnomo di Yogyakarta Selasa, 28 Januari 2020. Medcom.id/ Patricia Vicka

Pemkab Sleman Akan Periksa Mahasiswa Asal Tiongkok

Nasional virus korona
Patricia Vicka • 28 Januari 2020 16:55
Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman akan memeriksa kesehatan sejumlah mahasiswa yang baru saja tiba dari Tiongkok. Upaya ini dilakukan untuk mencegah masuknya virus korona ke Kabupaten Sleman.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, mengatakan pihaknya akan memeriksa mahasiswa Indonesia yang baru saja pulang dari Tiongkok atau negara yang terjangkit korona. Mahasiswa asing dari Tiongkok dan negara positif virus ini ikut diperiksa.
 
"Kami akan periksa mereka yang sudah di Indonesia sejak virus ini merebak. Maupun mereka yang akan datang ke Indonesia di kemudian hari. Hanya yang dicurigai suspec saja," ujar Joko saat kunjungan ke RSA UGM Yogyakarta Selasa, 28 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan kesehatan kemungkinan akan dilakukan bulan depan. Pasalnya saat ini mahasiswa di sebagian besar universitas tengah menikmati libur pergantian semester. Tak menutup kemungkinan para mahasiswa ini berpergian ke Tiongkok atau ke negara terjangkit korona.
 
"Mahasiswa yang diduga suspec Korona kami periksa, terutama dahaknya," jelas Joko.
 
Saat ini Pemkab Sleman tengah berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan untuk merencanakan proses pemeriksaan kesehatan ini. Lantaran hanya Balitbang yang berwenang untuk mengeluarkan hasil penelitian virus korona.
 
Di samping itu Pemkab Sleman juga akan menunjuk RSUP Sardjito dan RSUD Sleman sebagai rumah sakit rujukan jika ada warga yang terindikasi terjangkit virus korona. Joko juga meminta masyarakat yang memiliki sakit dengan ciri-ciri seperti virus korona untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
 
Sementara Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengatakan pihaknya akan meningkatkan pemeriksaan kesehatan kepada turis asing di Bandara Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA). Pemkab Sleman terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk memantau kesehatan para wisatawan mancanegata.
 
"Kami sudah siap mengantisipasi penyebarannya disini. Wisatawan Tiongkok disini jumlahnya sedikit. Tidak perlu khawatir," kata Sri.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif