Ilustrasi--Masyarakat di pegunungan Papua. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Ilustrasi--Masyarakat di pegunungan Papua. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Angka Kemiskinan di Papua Turun

Nasional kemiskinan
Roylinus Ratumakin • 15 Januari 2020 14:53
Jayapura: Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Papua, Bagas Susilo, menyebut, angka kemiskinan di Papua menurun. Persentase penduduk miskin di Papua selama enam bulan terakhir mengalami penurunan sebesar 0,98 persen, dari 27,53 persen pada Maret 2019 menjadi 26,55 persen pada September 2019.
 
“Persentase penduduk miskin Papua di daerah perdesaan turun 1,48 persen menjadi 35,36 persen dari Maret 2019 sebesar 36,84. Sedangkan di perkotaan persentasenya naik 0,27 dari 4,26 menjadi 4,53 persen di periode yang sama," kata Bagas, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Menurut Bagas, komoditas makanan berperan menurunkan angka kemiskinan. Komoditas yang berpengaruh besar pada garis kemiskinan (GK) di antaranya; beras, rokok kretek filter, ikan tongkol, tuna, cakalang, kue basah, telur ayam ras, dan daging ayam ras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau komoditas yang berpengaruh besar terhadap GK di perdesaan yaknu ketela rambat atau ubi, beras, ketela pohon atau singkong, rokok kretek filter, daging ayam ras, dan gula pasir,” lanjut dia.
 
Ia menambahkan periode Maret-September 2019, Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1) dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) menunjukkan kecenderungan menurun.
 
“Ini mengindikasikan rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung mendekati garis kemiskinan dan ketimpangan antarpenduduk miskin semakin berkurang dibandingkan periode sebelumnya,” pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif