Jalur Puncak padat. Foto: ANT/ARIF FIRMANSYAH
Jalur Puncak padat. Foto: ANT/ARIF FIRMANSYAH

Jalur Puncak II dan Puncak III Segera Dibangun

Nasional infrastruktur
Octavianus Dwi Sutrisno • 18 September 2019 09:41
Depok: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) segera membuat jalur baru menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Rencana tersebut telah dibicarakan dengan Bupati Bogor Ade Yasin.
 
"Ini sudah disetujui, salah satu caranya dengan segera mengaktifkan jalur alternatif Puncak II dan Puncak III," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa, 17 September 2019.
 
Bambang melanjutkan solusi lain untuk memecah kemacetan di wilayah tujuan wisata itu dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas bersama Satlantas Polres Bogor. Kebijakan yang diambil BPTJ mengenai angkutan massal untuk mengurangi kendaraan pribadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita juga mengaktifkan Polingga, yaitu pemberdayaan masyarakat yang dibina oleh Satlantas untuk mengatur arus lalu lintas. Mereka nantinya ditugaskan, di titik kemacetan," bebernya.
 
Dia menilai wilayah Puncak harus diberdayakan karena selain menjadi tempat wisata juga lokasi pengembangan sumber daya lainnya. Dibutuhkan dukungan dan koordinasi dari berbagai kementerian dan pemerintah terkait.
 
Bambang mengingatkan Puncak harus dikembalikan keasriannya. Bila terbengkalai, maka kawasan Puncak akan ditinggalkan wisatawan.
 
"Hati-hati. Kalau Pulau Seribu dikembangkan, Puncak akan tertinggal maka dari sekarang harus dipikirkan," imbuhnya.
 
Bupati Bogor mengaku pembangunan jalur alternatif Puncak II terus didorong. Dia menyakini jalur Puncak II menjadi satu-satunya cara mengatasi kemacetan di wilayahnya, terutama saat akhir pekan.
 
"Tanpa pembangunan jalur Puncak II, masalah kemacetan di jalur Puncak tidak akan selesai. Jika perlu kami akan meminta ke Presiden langsung agar mengabulkan keinginan warga Bogor," ujar Ade.
 
Pembangunan jalur Puncak II sepanjang 56 kilometer akan melintasi kawasan Sentul, Bogor, hingga Taman Bunga Cianjur. Pembangunan itu dinilai mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif