Poster digital ajakan tolak PPKM Darurat viral di medsos Kota Pasuruan (Foto / istimewa)
Poster digital ajakan tolak PPKM Darurat viral di medsos Kota Pasuruan (Foto / istimewa)

Penyebar Poster Menolak PPKM di Pasuruan Jadi Tersangka

Nasional unjuk rasa Virus Korona hoax covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Satu Tahun Covid-19 PPKM Darurat
Clicks.id • 22 Juli 2021 11:47
Pasuruan: Penyebar poster provokasi mengajak aksi menolak pemberlakuan PPKM Darurat di halaman kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan ditetapkan tersangka. Identitas tersangka adalah Abdul Hakim, 41, warga Sekaran, Desa Wonojati, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
 
"Tersangka kita amankan karena terbukti sebagai orang yang menyebarkan di media sosial yaitu pamflet provokasi demo tolak PPKM Darurat," jelas Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto, Kamis, 22 Juli 2021.
 
Ia mengatakan, setelah polisi meringkus ratusan remaja yang melakukan demo tolak PPKM Darurat di depan Stadion Untung Surapati Kota Pasuruan, pihaknya kemudian menyelidiki penyebar poster provokatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"AH sebenarnya kita amankan sehari pasca kejadian demo itu pada Jumat, 16 Juli lalu. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengumpulan barang bukti lengkap, ia ditetapkan menjadi tersangka," ungkapnya.
 
Baca: Penjual Ikan Hias Pinjamkan Tabung Oksigen untuk Pasien Covid-19
 
Polisi menjerat Abdul Hakim dengan pasal dugaan tindak pidana menghasut dengan lisan atau tulisan di muka umum untuk melakukan tindakan pidana dan atau paksaan dan perlawanan, berdasarkan Pasal 211 dan Pasal 212.
 
Selain itu, tersangka juga disangkakan telah bersekutu dan atau bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 214 KUHP, dan atau Pasal 170 KUHP jo Pasal 84, dan atau Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018.
 
"Hukumannya maksimal 6 tahun penjara," tegasnya.
 
Selain menangkap tersangka, polisi masih terus mengembangkan kasus provokasi aksi demo tolak PPKM Darurat. Sejumlah saksi masih diperiksa secara maraton oleh polisi hingga kini.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif