Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

BNPB Sulut Larang Warga Beraktivitas di Pesisir Pantai

Nasional cuaca buruk
Mulyadi Pontororing • 28 Desember 2018 15:11
Manado: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara melarang warga untuk beraktivitas atau berwisata di pesisir pantai selama adanya peringatan cuaca ekstrem. Pihak BMKG bahkan telah mengeluarkan rilis peringatan dini gelombang tinggi dari satu hingga empat meter yang akan melanda perairan di wilayah ini.
 
"Sesuai rilis BMKG, beberapa wilayah seperti di teluk Manado dan Bitung terjadi gelombang tinggi dari 2,5 meter hingga empat meter. Namun yang paling tinggi ada di wilayah kepulauan, seperti Talaud dan Sangihe yang mencapai empat meter," kata Kepala Bagian Perencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara Edwin Monding kepada Medcom.id, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Edwin menjelaskan, dengan peringatan tersebut, masyarakat dilarang beraktivitas atau berwisata di tepi pantai lantaran kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini juga termasuk nelayan agar mengurungkan dulu niat melaut sembari menunggu kondisi berangsur pulih," jelas Edwin.
 
Selain wilayah laut, Edwin juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati jika melintasi wilayah rawan longsor dan pohon tumbang. Seperti di jalur Manado-Tomohon, Manado-Tondano, Manado-Amurang dan ke wilayah Bolaang Mongondow Raya.
 
"Di jalur-jalur rawan itu sudah ada pos BPBD yang berjaga untuk mengantisipasi longosr dan pohon tumbang. Alat berat seperti eskavatot juga disiapkan. Namun, kami minya masyarakat tetap hati-hati dan memperhatikan kondisi alam," pungkas Edwin.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif