Alat berat mengeruk material lumpur dan kayu yang menghambat air mengalir, di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. ANTARA/Muhammad Hajiji
Alat berat mengeruk material lumpur dan kayu yang menghambat air mengalir, di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. ANTARA/Muhammad Hajiji

Pemkab Sigi Siapkan Sistem Peringatan Dini Bencana Alam

Nasional banjir bandang bencana alam Bencana Banjir Mitigasi Bencana
Antara • 16 Januari 2022 18:35
Palu: Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggandeng banyak pihak untuk penyediaan sistem peringatan dini mengenai potensi bencana alam. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengurangan risiko bencana.
 
"Penanggulangan bencana alam dengan pendekatan membangun kesiapsiagaan untuk pengurangan risiko bencana, menjadi satu prioritas pembangunan," kata Bupati Sigi, Mohamad Irwan, di Sigi, Minggu, 16 Januari 2022.
 
Baca: Warga Banjarnegara Diminta Waspadai Peningkatan Curah Hujan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Irwan menjelaskan penanggulangan bencana alam dilakukan dengan mengedepankan konsep pentahelix yang melibatkan multi pihak seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), relawan, organisasi non-pemerintah dan sebagainya.
 
Pelibatan banyak pihak seperti Mercy Corps Indonesia berdampak terbangunnya sistem peringatan dini banjir berbasis web, yang mengintegrasikan informasi cuaca BMKG, dilengkapi sensor curah hujan dan sensor ketinggian muka air, yang ditempatkan di lapangan. Sistem ini terpasang di 12 desa se-Kecamatan Dolo Selatan.
 
Irwan mengatakan daerah yang dipimpinnya rentan terhadap bencana alam banjir bandang dan longsor. "Maka perlu ada program untuk peningkatan kualitas lingkungan, serta program yang mengarah pada peningkatan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana," jelasnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif