Ribuan pencari kerja padati Lapangan Prawatasi, Cianjur, Jawa Barat, Rabu, 6 Juli 2022. ANTARA POTO/Ahmad Fikri
Ribuan pencari kerja padati Lapangan Prawatasi, Cianjur, Jawa Barat, Rabu, 6 Juli 2022. ANTARA POTO/Ahmad Fikri

Cianjur Job Fair 2022 Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Antara • 06 Juli 2022 17:31
Cianjur: Job Fair Cianjur 2022 yang digelar di lapangan Prawatasi Cianjur, Jawa Barat, diserbu ribuan pencari kerja yang hendak melamar langsung ke sejumlah perusahaan yang ikut sebagai peserta.
 
Sejak pagi hingga petang, ribuan pencari kerja memadati 41 stan perusahaan yang membuka lowongan termasuk lapangan kerja ke luar negeri, menjadi incaran yang banyak didatangi pencari kerja.
 
"Sampai petang diperkirakan lebih dari 3.000 orang pencari kerja yang datang ke Lapangan Prawatasi untuk melamar pekerjaan. Setelah dua tahun, kami dapat menggelar kembali job fair ini, selama pandemi tidak bisa digelar karena pembatasan sosial," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Cianjur, Endan Hamdani, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Baca: PNM Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMK, Cek di Sini

Antrian panjang hingga berjam-jam menghiasi setiap stan perusahaan yang menyediakan lapangan kerja untuk 100 sampai 1.000 pekerja. Hal tersebut tidak menyurutkan minat pencari kerja untuk mengantri meski panas terik matahari hingga petang menyengat kulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Endan memperkirakan esok hari jumlahnya akan terus bertambah karena job fair digelar selama dua hari.
 
Pihaknya mencatat dari 41 perusahaan yang ikut dalam kegiatan itu, enam diantaranya perusahaan penyalur tenaga kerja keluar negeri untuk negara di Asia seperti Tiongkok, Korea dan sejumlah negara yang tidak masuk moratorium, sehingga cukup menarik minat pencari kerja yang datang.
 
"Kita menargetkan selama job fair ini, 3.000 orang pencari kerja dapat diterima di sejumlah perusahaan yang membutuhkan. Harapan kami job fair dapat mengurangi angka pengangguran di Cianjur setiap tahun," jelas Edan.
 
Sementara sejumlah pencari kerja berharap dapat diterima di perusahaan yang dituju meski mereka baru pertama kali mengajukan lamaran setelah beberapa bulan dinyatakan lulus dari sekolah. Sebagian kecil berharap mendapatkan pekerjaan di perusahaan luar negeri bidang struktural.
 
"Awalnya ingin melamar ke perusahaan yang banyak diincar di Cianjur. Tapi pas liat ada perusahaan jasa kerja ke luar negeri, saya dan teman-teman cukup tertarik untuk mencoba masukan lamaran," kata pelamar asal Kecamatan Cianjur, Siti Rahmah (18).
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif