Ilustrasi banjir menggenangi jalanan saat hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. ANTARA/Benny Jahang
Ilustrasi banjir menggenangi jalanan saat hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. ANTARA/Benny Jahang

BMKG Sebut 4 Daerah di NTT Berstatus Waspada Hujan Deras

Antara • 30 Juni 2022 17:30
Kupang: Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan empat daerah di Nusa Tenggara Timur berstatus waspada hujan deras. Hal tersebut diprediksi terjadi selama beberapa hari ke depan.
 
"Empat daerah waspada hujan deras itu yakni Timor Tengah Selatan, Belu, Malaka, dan Sumba Timur," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, di Kupang, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Baca: Sejumlah Kelurahan di Sungai Serut Bengkulu Terendam Banjir

Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca berbasis hujan deras di wilayah NTT selama 1-2 Juli 2022. Empat daerah tersebut memiliki matriks risiko kuning atau berstatus waspada hujan deras sehingga berpotensi memicu bencana hidrometeorologi.
 
Menurut Agung potensi hujan deras dapat menyebabkan banjir akibat volume aliran sungai yang meningkat dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hujan deras juga berpotensi menimbulkan tanah longsor berupa guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.
 
Agung mengimbau warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak saat sedang terjadi hujan deras.
 
Selain itu terus memperbaharui informasi cuaca melalui media massa maupun media sosial atau berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.
 
Agung juga mempersilakan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif