Warga beraktivitas di tepi Sungai Batanghari yang diselimuti kabut asap tipis, Jambi, Kamis (1/8/2019). Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Warga beraktivitas di tepi Sungai Batanghari yang diselimuti kabut asap tipis, Jambi, Kamis (1/8/2019). Foto: Antara/Wahdi Septiawan

Masyarakat Jambi Diminta Mengurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Nasional kabut asap kebakaran hutan
MetroTV • 15 Agustus 2019 03:00
Jambi: Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Pasalnya, Indeks Standar Pencemaran Udara (Ispu) Kota Jambi berada di level sedang.
 
"Berdasarkan laporan yang saya terima, Ispu Kota Jambi dalam keadaan sedang," beber Maulana, di Jambi, seperti dikutip Antara, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Ispu level sedang disebabkan asap kebakaran hutan dan lahan di sejumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi. Kabut asap ini dapat berdampak terhadap kesehatan, di antaranya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti batuk, sakit tenggorokan, dll.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemkot Jambi juga menyiapkan 30 ribu masker untuk disebarkan kepada masyarakat. Meskipun alat ukur Air Quality Monitoring System (AQMS) menunjukan udara dalam keadaan sedang, namun debu mulai terasa oleh masyarakat.
 
"Dalam beberapa hari ini meja dan lantai teras rumah saya dipenuhi debu bahkan ada yang masuk ke dalam rumah," ujar Suwarni warga Kota Jambi.
 
Sejak 31 Juli, kabut asap mulai menyelimuti Kota Jambi. Kendati terlihat tipis dan fluktuatif, kabut asap diduga berasal dari kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kumpehulu, Kabupaten Muarojambi.
 
Baca:Kabut Asap Selimuti Kota Jambi
 
Menurut catatan BMKG, dari 30 titik panas yang terpantau satelit di Provinsi Jambi, lebih dari separuh (19 titik) berasal dari kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kumpehulu, Muarojambi yang relatif dekat dengan Kota Jambi. Sisanya, tersebar di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Tebo, Merangin, Tanjungjabung Barat dan Kabupaten Sarolangun. (Sheren Olivia)
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif