Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

12 Kecamatan di Brebes Rawan Bencana

Nasional Mitigasi Bencana
Kuntoro Tayubi • 06 November 2019 14:29
Brebes: Kepala Pelaksana Harian BPBD Brebes, Jawa Tengah, Sutaryono, meminta masyarakat waspada potensi bencana alam mengingat musim hujan segera tiba. Ada 12 kecamatan di wilayahnya yang rawan bencana longsor dan banjir.
 
Enam kecamatan di wilayah Brebes bagian selatan rawan longsor yakni Kecamatan Salem, Paguyangan, Bantarkawung, Bumiayu, Sirampok dan Tonjong. Sedangkan wilayah tengah dan utara rawan banjir serta angin langkisau. Antara lain Kecamatan Brebes, Wanasari, Tanjung, Losari, Bulakamba, dan Jatibarang.
 
"Dari 17 kecamatan di Brebes, hampir semua kecamatan rawan bencana. Hanya berbeda potensinya. Untuk itu harus siap menghadapinya bila terjadi bencana," ujar Sutaryono usai apel Mantap Brata dan apel SAR di Mapolres Brebes, Rabu, 6 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BPBD Kabupaten Brebes juga menyiapkan logistik dan berbagai peralatan pendukung. Namun BPBD belum memiliki peralatan dapur umum, alat pengolah air bersih dan tenda pengungsi.
 
"Alat dapur umum memang ada, tapi belum memadai. Alat pengolah air bersih yang kami punya sudah tidak berfungsi. Di samping itu tenda tenda pengungsi belum punya," ungkap Sutaryono.
 
Wakapolres Brebes, Kompol Faisal Perdana, mengatakan penanganan bencana tidak bisa dilakukan sendiri. Dengan letak kondisi yang rawan bencana alam, perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia dalam penanganan bencana, termasuk para relawan.
 
"Pelatihan Penilaian Kerusakan dan Kerugian Bencana Alam menjadi salah satu cara untuk meningkatkan SDM tersebut. Kami siap membantu dengan peralatan yang ada," tandasnya. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif