Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes AM Kamal. (Foto: Medcom.id/Roylinus)
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes AM Kamal. (Foto: Medcom.id/Roylinus)

Warga Papua Diimbau Tetap Tenang Jelang HUT OPM

Nasional organisasi papua merdeka
Roylinus Ratumakin • 27 November 2019 18:19
Jayapura: Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes AM Kamal mengimbau masyarakat tetap tenang jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di tanah Papua. Masyarakat diminta tak mudah terprovokasi isu-isu yang dinilai dapat membuat kekacauan.
 
“(HUT OPM) 1 Desember 2019 bertepatan dengan hari Minggu, dan itu adalah hari ibadah bagi umat Kristiani. Kami tidak ingin di hari tersebut terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” kata Kamal, di Jayapura, Rabu, 27 November 2019.
 
Kamal mencontohkan beberapa selebaran mulai bertebaran di lingkungan masyarakat yang berisi ajakan ibadah memperingati kemerdekaan bangsa Papua. Namun ia memastikan selebaran itu datang dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Yang pasti, kami tidak akan mengeluarkan izin keramainan dalam bentuk apa pun. Apabila ada kelompok-kelompok yang memaksakan diri, kami tidak segan menindaknya sesuai hukum yang berlaku,” tegas dia.
 
Sementara itu, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap dua tersangka yang diduga menyebarkan selebaran provokatif; TR dan RW. Namun TR sudah dipulangkan.
 
“TR sudah kami pulangkan karena tidak terbukti. RW masih didalami karena RW sempat menghubungi TR dan menawarkan diri sebagai panitia perayaan kemerdekaan bangsa Papua di Lapangan Trikora pada 1 Desember 2019,” katanya.
 
Selain keduanya, penyidik juga akan memanggil MH, yang diduga membuat undangan terbuka untuk masyarakat terkait HUT OPM.
 
“Pernyataan MH dimuat di salah satu surat kabat di Kota Jayapura. Kami akan memanggil yang bersangkutan untuk mengklarifikasi pernyataan tersebut," jelasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif