ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.

Wapres Minta Indonesia Ekspor Produk Halal ke Berbagai Negara

Nasional produk halal
Daviq Umar Al Faruq • 27 November 2019 17:08
Malang: Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, menceritakan kisahnya memperjuangkan sertifikasi halal hingga ke luar negeri. Perjuangan itu dilakukannya saat masih menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
"Waktu saya masih menjabat Ketua MUI, saya datang ke berbagai negara. Salah satunya di Korea," kata Ma'ruf saat pembukaan Konferensi Internasional Halal dan Thayyib 2019 di Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 27 November 2019.
 
Kunjungan Ma'ruf saat itu yakni untuk mengeluarkan sertifikasi halal untuk pemerintah Korea. Saat disana Ma'ruf mendapatkan sambutan yang luar biasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sambutan dari pemerintah Korea tersebut menurut Ma'ruf menunjukkan bahwa Indonesia diakui oleh dunia sebagai pelopor sistem jaminan produk halal. Salah satunya lewat eksistensi sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) yang diterbitkan MUI.
 
"Jadi disini sertifikasi kita sudah sangat unggul di dunia," jelas Ma'ruf.
 
Meski begitu, Ma'ruf meminta agar Indonesia tidak terlena dengan pengakuan intenasional tersebut. Sebab diakuinya, Indonesia seharusnya bisa menjadi negara yang tidak hanya mengeluarkan sertidikasi produk-produk halal di dunia.
 
"Kita seharusnya menjadi produsen. Bahkan mampu mengeskpor produk halal tersebut ke berbagai negara," pungkas Ma'ruf.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif