Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Daop VI Yogyakarta-Solo Siapkan Lima KA Tambahan untuk Nataru

Nasional natal dan tahun baru
Patricia Vicka • 30 November 2019 10:47
Yogyakarta: Sebanyak lima Kereta Api (KA) tambahan dari dan menuju wilayah Daerah Operational (Daop) VI Yogyakarta-Solo akan dioperasikan selama natal dan tahun baru 2020.
 
Senior Manager Angkutan PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Gotro Nur Riyadi, mengatakan masa angkutan natal dan tahun baru 2019 akan dimulai pada 19 Desember hingga 5 Januari 2020.
 
"Selama masa angkutan tersebut ada lima KA tambahan dari, menuju, dan yang melintas di Yogyakarta dan Surakarta," kata Gotro di Yogyakarta, Jumat, 29 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gotro menjelaskan Ka tambahan ini adalah KA Argolawu fakultatif relasi Solo-Gambir (PP) dua KA, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo Gambir (PP) dua KA, Taksaka Fakultatif relasi Yogyakarta-Gambir (PP) dua KA, Lodaya Nataru relasi Solo-Bandung (PP) dua KA, dan Sancaka Fakultatif relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta PP dua KA.
 
Selain itu terdapat pula sejumlah KA tambahan yang melintas di wilayah Daop VI, di antaranya KA Gajayana Fakultatif relasi Malang-Gambir PP (2 kereta api),
 
Pihaknya memprediksi adanya peningkatan penumpang saat musim nataru mendatang. Peningkatan akan terjadi baik di KA jarak jauh, maupun jarak dekat. Pasalnya Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk menghabiskan momen pergantian tahun.
 
"Kami prediksi meningkat dibanding 2018. Tapi sedang kami hitung perkiraan naiknya," jelas Gotro.
 
Sementara Manager Humas KAI Daop VI, Eko Budiyanto, menjelaskan pihaknya tengah memperbaiki dan mempersiapkan jalur KA yang berada di daerah rawan bencana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor saat masa nataru 2019.
 
"Masa nataru itu di musim penghujan. Selalu turun hujan. Maka kami antisipasi daerah rawan bencana dari sekarang," kata Eko.
 
Tindakan yang dilakukan KAI di antaranya memperbaiki gorong-gorong dan talud yang berada di dekat jalur rel kereta. Pihaknya juga akan menyiagakan petugas di daerah rawan bencana guna menghindari kecelakaan.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif