Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. Medcom.id/Amaluddin.
Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. Medcom.id/Amaluddin.

Modifikasi Cuaca Dinilai Bisa Padamkan Karhutla di Jatim

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Amaluddin • 24 Oktober 2019 19:14
Surabaya: Upaya Pemprov Jawa Timur memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menggunakan helikopter water bombing belum membuahkan hasil. Kini pemprov berupaya dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC).
 
"Ini merupakan solusi alternatif dan kita akan terus upayakan antara water boom dan TMC biar bisa sama sama jalan dan maksimal," kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, di Surabaya, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Emil menjelaskan TMC ini akan dilakukan menggunakan pesawat TNI AU, khusus merekayasa cuaca dengan menyemai garam di udara, sehingga dapat menghasilkan hujan buatan. Emil meyakini cara alternatif dengan TMC cukup efektif dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"TMC ini cakupannya lebih luas dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dengan turunnya hujan. Untuk merekayasa cuaca bersama jajaran TNI AU," jelas Emil.
 
Sementara Kasi Kedaruratan BPBD Jatim, Satriyo, mengatakan bahwa TMC adalah modifikasi cuaca dengan menyemai garam ke awan. Tujuannya untuk menurunkan hujan yang bisa memadamkan api di hutan. "TMC adalah cara alternatif untuk memadamkan kebakaran hutan," ungkap Emil.
 
Selain Gunung Arjuno di Malang, ada dua gunung lainnya di Jatim yang hutannya terbakar, yakni Argopuro di Jember dan Ijen di Banyuwangi. Untuk sementara helikopter water bombing akan melakukan pemadaman di dua lokasi secara bergantian.
 
"Bila ada angin kencang di Arjuno, heli bisa memadamkan di Gunung Ijen dan sebaliknya. Kami berharap BNPB dapat menerjunkan satu lagi helikopter water bombing ke Jatim, karena memang pemadaman udara ini sudah sangat dibutuhkan," kata Satriyo.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif