Rakornis SDM PKH yang diikuti SDM PKH Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Foto: Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos)
Rakornis SDM PKH yang diikuti SDM PKH Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Foto: Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos)

Graduasi KPM PKH Ditarget Naik 30% Tahun Depan

Nasional dana bansos kementerian sosial Bantuan Langsung Tunai
Daviq Umar Al Faruq • 05 Desember 2020 11:30
Malang: Kementerian Sosial berencana meningkatkan jumlah graduasi keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) dari 10 persen pada tahun ini menjadi 30 persen pada 2021, guna memenuhi asas keadilan.
 
"Hingga saat ini jumlah KPM PKH yang telah tergraduasi sebanyak 1.179.304 KPM hingga 30 November. Di Jawa Timur tercatat KPM graduasi sebanyak 225.183 KPM, sedangkan Kabupaten Malang KPM graduasi sebanyak 8.458 KPM," kata Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Pepen Nazaruddin, Sabtu, 5 Desember 2020.
 
Data Kementerian Sosial, jumlah bansos PKH yang telah disalurkan di Jawa Timur senilai Rp5,4 triliun untuk 1.678.173 KPM. Sedangkan untuk Kabupaten Malang bansos PKH yang disalurkan senilai Rp286 miliar untuk 91.804 KPM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Kepesertaan PKH Dibatasi Maksimal 5 Tahun
 
Di sisi lain, Kemensos juga akan memasukkan masyarakat yang memiliki riwayat penyakit TBC sebagai KPM. Hal ini guna menekan penyebaran TBC sebagaimana instruksi presiden.
 
"Harapannya digunakan mereka untuk berobat TBC hingga sembuh. Menindaklanjuti arahan Presiden pada tahap IV penyaluran bansos PKH di Jawa Timur tercatat KPM PKH Penderita TBC yang sudah diberikan bantuan sebanyak 84 KPM dan di Kabupaten Malang baru terlaporkan dibantu sebanyak tiga KPM," jelas Pepen.
 
"Khusus untuk PKH di Jawa Timur telah berkontribusi dalam mengurangi stunting dan gizi buruk melalui bansos Komponen Kesehatan pada kategori anak usia dini sebanyak 344.964 orang dan ibu hamil sebanyak 10.438 orang. Di Kabupaten Malang anak usia dini tercatat sebanyak 16.806 orang dan ibu hamil sebanyak 629 orang," imbuhnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif