Evakuasi korban tewas akibat banjir di Manado, Jumat, 22 Januari 2021. Foto: Metro TV/Amanda Komaling
Evakuasi korban tewas akibat banjir di Manado, Jumat, 22 Januari 2021. Foto: Metro TV/Amanda Komaling

Prajurit TNI dan Peralatan Diterjunkan Bantu Atasi Banjir di Manado

Nasional banjir bencana bencana banjir
Amanda Komaling • 23 Januari 2021 01:35
Manado: Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII  Manado mengirimkan Satuan Tugas (Satgas) Siaga Bencana guna membantu masyatakat yang terdampak banjir dan tanah longsor di Kota Manado. Tim itu mengevakuasi warga di sejumlah lokasi, antara lain di Lingkungan III, Karombasan, Kecamatan Wanea; dan Dendengan Dalam, Kecamatan Tikala.
 
Danyonmarhanlan VIII Bitung Letkol Marinir Anugrah Auliadi Santoso mengatakan sesuai perintah atasan serta mencermarti kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini, seluruh personel dan peralatan Yonmarhanlan VIII selalu siaga memberikan dukungan. Bantuan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.
 
Baca: BMKG Ungkap Penyebab Banjir-Longsor di Sulut

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang pasti prajurit Yonmarhanlan selalu mendukung pelaksanakan tugas dan operasi SAR tim Satgas Bencana Banjir kapan saja dan di mana saja."ujar Anugerah, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Pasi Ops Yonmarhanlan VIII Bitung Kapten Marinir Mikael Rolen menjelaskan dalam operasi SAR bencana banjir di Kota Manado, pihaknya menurunkan sedikitnya 80 orang personel. Mereka didukung peralatan, di antaranya 4 unit Truk Isuzu, 4 unit perahu karet, dan 4 unit motor tempel.
 
Rolen menjelaskan dalam pelaksanaan operasi SAR ini, dia bersama 80 personel menyisir membantu warga sejumlah lokasi yang terdampak banjir dan tanah longsor. Lokasi ini di antaranya Dendengan Dalam dan Teling Tingkulu
 
"Dalam pelaksanaan tugas SAR ini, sejumlah warga yang terjebak banjir kami evakuasi ke tempat yang aman," ungkap perwira asal kota Palu itu.
 
Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas mengatakan Yonmarhanlan VIII/Bitung merupakan jajaran Lantamal VIII/Manado yang bertugas melaksanakan kegiatan SAR bencana alam. Mereka diturunkan sesuai dengan kebutuhan dan perintah komando atas.
 
"Prajurit dan peralatan di Batalyon Marinir VIII/Bitung merupakan kekuatan utama yang mendukung pelaksanaan tugas Tim Satgas Bencana Lantamal VII/Manado dan pelaksanaan operasi SAR lainnya sesuai dengan keahlihan prajurit dan kekuatan peralatan yang dimiliki," ungkap Donar.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif