Ilustrasi obat. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi obat. Medcom.id/M Rizal

Kalbar Peringkat 2 Pengguna Narkoba di Indonesia

Nasional narkoba
Agung Widura • 15 Maret 2018 10:34
Pontianak: Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan Kalimantan Barat daerah lintasan peredaran narkoba dari luar negeri. Bahkan, Kalimantan Barat, serta provinsi di sekitarnya, peringkat kedua pengguna narkoba di Indonesia.
 
"Dari data yang kita peroleh, bahwa daerah Kalimantan menjadi pengguna narkoba nomor dua di Indonesia setelah ibu kota Jakarta," kata Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, di Mapolda Kalbar, Rabu, 14 Maret 2018.
 
BNN menjadikan Kalbar dan provinsi Kalimantan lainnya prioritas penanganan dan pencegahan pasokan narkoba dari luar. Sebab, daerah ini memiliki banyak jalur tikus yang dapat dibasmi agar memangkas penyelundupan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Karena secara teoritis untuk mengurangi pengguna narkoba harus ada keseimbangan supply dan demand. Artinya kita harus mengurangi pasokan dan harus mengurangi permintaan pasar,” tegasnya
 
Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono mengungkapkan, ada puluhan jalur tikus yang sering digunakan oleh pengedar narkoba. Ada 52 desa berbatasan langsung dengan Malaysia yang sering digunakan oleh pengedar.
 
Dirinya meminta,masyarakat yang berada di daerah perbatasan untuk memberikan informasi ke penegak hukum jika menemukan penyeludupan. "Kita inginkan Kalbar zero illegal," tegasnya.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif