Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Senin, 7 Juni 2021.(dok: Humas Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Senin, 7 Juni 2021.(dok: Humas Pemkot Surabaya)

Warga Madura ke Surabaya, Siapkan SIKM

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Satu Tahun Covid-19
Amaluddin • 22 Juni 2021 11:26
Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur akan mengubah sistem penyekatan di Jembatan Suramadu, dengan menerapkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi warga Madura. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi agar kericuhan tidak kembali terjadi.
 
"Jadi yang akan masuk ke Surabaya, harus membawa SIKM. Ini bisa diperoleh dari tempatnya, RT/RW kemudian kelurahan setempat untuk nanti ditunjukan di pos (penyekatan), SIKM mulai kita terapkan hari ini," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Gatot Repli Handoko, di Mapolda Jatim di Surabaya, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Dengan penerapan SIKM, Gatot berharap tidak ada lagi kericuhan di pos penyekatan Suramadu. Misalnya pagi ini, Gatot menyebut ada sekelompok orang diduga warga Madura membuat kericuhan di posko penyekatan Suramadu. Penyebabnya, mereka ingin menerobos dan tidak mau di-swab antigen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 21 Warga Karawang Terinfeksi Covid-19 Varian Delta
 
"Memang terjadi lagi untuk menerobos pos penyekatan," ujarnya.
 
Gatot menyebut, kericuhan yang dilakukan sekitar 50 orang itu tidak berlangsung lama. Semuanya sudah ditangani petugas jaga, termasuk kepolisian di posko penyekatan Suramadu.
 
"Tidak ada yang diamankan, kita halau saja," katanya.
 
Dalam kericuhan itu, Gatot mengaku sempat mendengar suara ledakan dari petasan, yang dilempar oleh massa yang membuat kericuhan di posko penyekatan Jembatan Suramadu. Kendati demikian, polda tidak menambah personel di kawasan Suramadu.
 
"Kita tidak tambah personel, kita ubah sistemnya terutama di Bangkalan," katanya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif