Ilustrasi petugas menyemprotkan disinfektan pada kios pasar yang tutup selama PSBB. Medcom.id/Christian
Ilustrasi petugas menyemprotkan disinfektan pada kios pasar yang tutup selama PSBB. Medcom.id/Christian

Pasar Baru Kota Bandung Kembali Beroperasi Usai PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
Roni Kurniawan • 18 Mei 2020 12:17
Bandung: Pedagang Pasar Baru Kota Bandung berencana akan kembali beraktivitas pada Rabu, 20 Mei 2020 setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Jawa Barat berakhit pada Selasa, 19 Mei 2020. Para pedagang Pasar Baru pun telah melayangkan surat kepada Pemerintah Kota Bandung agar lapak mereka bisa kembali beroperasional usai PSBB Jabar berakhir.
 
Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Baru Trande Center (P3BTC) Bandung, Wawan, mengatakan, pihaknya telah memberikan surat kepada PD Pasar Bermartabat Kota Bandung selaku pengelola Pasar Baru terkait rencana kembali beroperasionalnya pada Rabu nanti. "Kita sudah memberikan surat, belum ada balasan," ujar Wawan saat dihubungi Medcom.id, Senin, 18 Mei 2020.
 
Wawan mengaku para pedagang Pasar Baru menjerit setelah tidak beroperasi sejak Maret silam saat covid-19 mewabah di Kota Bandung. Para pedagang tak memiliki penghasilan lain karena berjualan di Pasar Baru merupakan mata pencaharian utama mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kami juga melakukan permohonan tanggal 20 untuk bisa dibuka. Karena sudah hampir tiga bulan ini karena Pasar Baru itu kan baik pedagang maupun karyawan tidak dapat penghasilan," tuturnya.
 
Sekitar empat ribu lapak pun berencananya akan kembali buka secara bersamaan pada Rabu nanti. Mulai dari pedagang makanan hingga kebutuhan pokok yang berada di lantai dasar pasar tersebut.
 
Wawan menuturkan, pihaknya akan menerapkan stadar protokol kesehatan secara maksimal saat Pasar Baru kembali dibuka. Nantinya, para pedagang dan pengunjung diwajibkan menggunakan masker serta mencuci tangan baik sebelum maupun setelah bertransaksi.
 
"Ya mungkin sekarang ini kami juga akan menerapkan standar maksimal untuk kesehatan, baik semua yang berjualan baik yang pengunjung pedagang diharapkan pakai masker dan cuci tangan, itu sudah disiapkan," ungkapnya.
 
Wawan pun berharap Pemkot Bandung segera merespon surat permohonan yang diajukan P3BTC sebelum berakhirnya PSBB tingkat Jabar, Selasa besok. "Harus cepat cepat menjawab sekarang baik pun besok terakhir. jadi jangan terlalu diabaikan, nanti khawatirnya kan pedagang kalau terlalu kesel ke pemerintah ya menggerakan massa mengadakan aspirasi repot juga," jelasnya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif