NEWSTICKER
Petugas Dinkes Kabupaten Jepara mendatangi sepasang TKA yang baru tiba dari Tiongkok. (Foto: Medcom.id/Rhobi)
Petugas Dinkes Kabupaten Jepara mendatangi sepasang TKA yang baru tiba dari Tiongkok. (Foto: Medcom.id/Rhobi)

39 TKA Asal Tiongkok di Jepara Kembali Bekerja

Nasional Virus Korona
Rhobi Shani • 19 Februari 2020 13:03
Jepara: Sebanyak 39 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kembali diizinkan bekerja. Para TKA itu dinyatakan aman dari virus korona atau Covid-19, setelah diobservasi selama 14 hari oleh Dinas Kesehatan Jepara.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jepara, M Fachrudin, mengatakan proses pemeriksaan terhadap TKA menggunakan thermal scanner (pendeteksi suhu tubuh). Pemeriksaan dilakukan selama 24 jam, dan dilakukan sebanyak tiga kali.
 
"Surat hasil pemeriksaan sudah diserahkan dan dinyatakan boleh kembali bekerja. Dari hasil pemeriksaan sejauh ini, mereka juga dalam kondisi sehat," ujar Fachrudin, Rabu, 19 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkap total ada 43 TKA yang menjalani pengawasan dan pemeriksaan tim kesehatan. Sebanyak 39 TKA telah menyelesaikan masa observasi, sedangkan sisanya berakhir pekan ini.
 
"Proses sudah dilalui semua sesuai prosedur, jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi," kata Fachrudin.
 
Dia menerangkan para TKA diimbau segera melapor ke tim medis atau puskesmas terdekat jika mengalami gangguan kondisi tubuh. Sebanyak 39 TKA yang diizinkan kembali bekerja merupakan karyawan PT. Jiale Indonesia di Kecamatan Pecangaan dan PT. DCP Travelling Products di Kecamatan Mayong.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif