Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Timor Tengah Utara NTT

Nasional gempa
Antara • 14 Juni 2020 12:55
Kupang: Gempa kekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu, 14 Juni 2020. Gempa terjadi pukul 10.35 WIB.
 
Melansir Antara, gempa tidak berpotensi tsunami. Episenter gempa terletak pada koordinat 9.15 dan 124.10 BT, atau berlokasi pada 64 km barat laut Timor Tengah Utara.
 
"Gempa terjadi pada kedalaman 51 km," ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kupang, Robert Wahyu, Minggu, 14 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Ratusan Rumah di Ogan Komering Ulu Terdampak Banjir
 
Sebelumnya gempa tercatat berkekuatan magnitudo 5,4 kemudian dimutakhirkan menjadi 5,1 di arah tenggara Kota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu, 13 Juni 2020. Episenter gempa terletak pada koordinat 9,04 LS dan 117,90 BT tepatnya di laut pada jarak 70 km arah Tenggara Kota Sumbawa Besar pada kedalaman 11 km.
 
Guncangan gempa dirasakan paling kuat di Sumbawa hingga mencapai skala intensitas IV MMI menyebabkan banyak warga lari berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. Guncangan gempa juga dirasakan di Bima, Mataram, Karangasem dan Labuan Bajo.
 
"Gempa tersebut dipicu oleh aktivitas sesar aktif dengan mekanisme naik (thrust fault) namun sesar pembangkit gempa belum terpetakan," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono di Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2020.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif