Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu 28 Maret 2020.. Medcom.id/Muhammad Syawal
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu 28 Maret 2020.. Medcom.id/Muhammad Syawal

Gowa Siaga Korona

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 28 Maret 2020 18:09
Makassar: Sebanyak lima warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif korona (covid-19). Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menetapkan Kabupaten Gowa siaga virus korona.
 
"Saat ini ada lima warga Gowa positif. Saat ini mereka tengah dirawat. Mereka rata-rata bekerja di Kota Makassar," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 28 Maret 2020.
 
Adnan menerankan lima wargany dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Makassar. Yakni Rumah Sakit Labuang Baji, Rumah Sakit Pelamonia, Rumah Sakit Stella Maris, dan satu di antaranya melakukan isolasi mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan kelima warganya diduga tertular melalui transmisi lokal. Lantaran kelimanya bekerja di Makassar.
 
"Ada 35 sampai 40 persen warga Gowa yang bekerja di Kota Makassar," jelasnya.
 
Baca:ODP Diminta Taati Protokol Penanganan Covid-19
 
Adnan mengaku pihaknya telah menyiapkan angaran Rp500 juta untuk penanganan virus korona. Anggaran itu diambil dari dana kontijensi atau biaya tak terduga.
 
"Kami ada Rp500 juta, dan itu akan ditambah dari perubahan APBD nantinya," imbuhnya.
 
Dana itu bakal digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri, masker, sarung tangan, dan penyemprotan disinfektan secara massal. Pihaknya pun segera menggeser sejumlah anggaran di APBD.
 
"Perubahan APBD nantinya mempertimbangkan bantuan dari pusat dan provinsi," jelasnya.
 
Pemerintah Kabupaten Gowa telah memesan APD untuk tenaga medis. Lantaran, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif covid-19 diperkirakan bisa bertambah.
 
"Akan disalurkan ke semua puskesmas dan rumah sakit jika APD nya sudah tiba," ucapnya.
 
Data tim gugus pencegahan penyebaran virus korona di Kabupaten Gowa, sebanyak 12 orang berstatus ODP, dan tujuh orang berstatus PDP. Sedangkan warga yang positif korona berjumlah lima orang.
 
Pihakny segera melakukan sterilisasi di seluruh wilayah Kabupaten Gowa. Yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan hingga tingkat RT.
 
"Itu diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran virus korona di Kabupaten Gowa. Penyemprotan akan dilakukan mulai April mendatang," pungkasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif