Kondisi Banjir di Tasikmalaya. Jawa Barat, Rabu, 25 Agustus 2020/ MI/Kristiadi
Kondisi Banjir di Tasikmalaya. Jawa Barat, Rabu, 25 Agustus 2020/ MI/Kristiadi

Ratusan Rumah di Tasikmalaya Terendam

Nasional banjir musim hujan bencana alam bencana banjir
Media Indonesia.com • 25 November 2020 20:42
Tasikmalaya: Hujan deras yang menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyebabkan longsor dan banjir di Kampung Sukamantri, Karangasem, Nampong, Desa Ciawi, Pakemitan, Margasari, Kabupaten Ciawi, Rabu, 25 November 2020.
 
Banjir tersebut juga menyebabkan beberapa lokasi dilanda longsor hingga material tanah menutupi jalan.
 
"Kami bersama petugas dari TNI dan relawan sekarang masih berupaya mendata rumah yang terendam banjir. Yang tercatat baru ratusan rumah dengan kondisi air setinggi 20-50 sentimeter. Akan tetapi, ada beberapa rumah lain masih belum tercatat tapi dengan hujan yang terjadi selama tiga jam ada beberapa lokasi, terutama jalan di Desa Bugel tertimbun longsor," kata Kapolsek Ciawi, Komisaris Dies Ratmono, Rabu, 25 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 4.899 Siswa di Surabaya Dites Swab Jelang KBM Tatap Muka
 
Dia menjelaskan hujan deras yang terjadi menyebabkan ratusan rumah di tiga kampung tersebar di tiga desa terendam banjir luapan Sungai Cihanjuang dan Cikuya setinggi 50 sentimeter. Banjir luapan sungai tersebut merendam pula puluhan hektare areal persawahan baru tanam.
 
Dies mengatakan hujan deras yang terjadi itu menyebabkan ratusan rumah terendam banjir dan jalan desa tertimbun longsor hingga beberapa kampung terisolasi. Kejadian tersebut merata di Kecamatan Ciawi.
 
"Upaya yang dilakukan petugas untuk sekarang belum maksimal karena kondisinya sudah malam dan dipastikan sekarang jalan tersebut masih belum dilintasi oleh kendaraan karena tebing setinggi 30 meter longsor dan memimbun jalan desa panjang 25 meter," ungkapnya.
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tasikmalaya, Irwan, mengatakan pihaknya membenarkan hujan yang terjadi itu menyebabkan ratusan rumah terendam banjir luapan Sungai Cihanjuang dan Cikuya di tiga desa. Untuk saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari para petugas desa mengingat kondisi masih hujan.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif