ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Dinkes Banten Pilih Sulap Faskes Jadi Penanganan Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Antara • 12 Januari 2021 15:30
Tangerang: Dinas Kesehatan Provinsi Banten berupaya menambah fasilitas penanganan pasien covid-19 yakni dengan mengubah fasilitas kesehatan (faskes) layanan yang sudah ada. Sehingga, diharap bisa lebih cepat ketimbang membuat gedung rumah sakit baru.
 
"Jadi kita memilih mengubah faskes yang ada terlebih dahulu karena ini lebih cepat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti  melansir Antara, Selasa, 12 Januari 2021.
 
Ati menuturkan, perihal wacana pembangunan RSUD oleh DPRD Kota Tangerang, tak dapat dilakukan saat ini. Lantaran, fokus saat ini ialah penanganan pandemi. Mengubah fasilitas kesehatan yang ada, merupakan cara yang efektif dan cepat.
 
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Banten per tanggal 11 Januari 2020, untuk ruang ICU sudah diisi 96 persen, dan ruang isolasi terisi 92 persen. Sedangkan ruang isolasi seperti hotel dan puskesmas terisi 771 tempat tidur dari ketersediaan 915 tempat tidur.
 
Baca: Denda Protokol Kesehatan di Ngawi Terkumpul Rp564,5 Juta
 
"Melihat data tersebut, kita mendorong penanganan yang cepat yakni mengubah faskes yang ada dahulu," ujarnya.
 
Ati mengaku, semua provinsi di Indonesia kini sedang kekurangan tenaga kesehatan. Sebab tenaga kesehatan yang ada dibagi tugas ke beberapa bidang, mulai dari  tracing hingga layanan lainnya.
 
Khusus untuk di Provinsi Banten,sambung Ati, hanya ada 55 dokter spesialis paru. Padahal kebutuhan tenaga kesehatan sangat besar, untuk melayani 8 Kabupaten/Kota di Banten.
 
“Upaya yang kini dapat dilakukan adalah penambahan tempat tidur,” terangnya.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif