ilustrasi jalan rusak.
ilustrasi jalan rusak.

BBPJN Sumsel Jamin Jalur Mudik Mulus pada H-2 Lebaran

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Antara • 26 April 2022 14:53
Sumatra Selatan: Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Provinsi Sumatra Selatan menjamin infrastruktur jalan siap menunjang aktivitas mudik pada H-2 Lebaran.  Kepala BBPJN Provinsi Sumatra Selatan Budiamin mengatakan hingga kini tim rekanan BBPJN masih berada di sejumlah lokasi untuk memastikan infrastruktur jalan siap untuk mudik.
 
"Pada H-19 sebenarnya semua lubang sudah tertutup bahkan setiap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) sudah mencapai target 100 persen, tapi di lapangan bisa saja muncul baru. Untuk itu, setiap PPK kami tekankan untuk menuntaskan pekerjaan bukan saja untuk Lebaran," kata Budiamin, Selasa, 26 April 2022.
 
Ia memastikan untuk kenyamanan para pengendara selama momen mudik, semua lubang ditutup dengan cara menabur agregat. Sedangkan pekerjaan perbaikan secara struktural akan dilakukan kembali setelah Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ruas jalan yang disiapkan meliputi jalan lintas timur 410,17 kilometer (Palembang-Betung-OKI), jalan lintas tengah (Prabumulih-Muara Enim-Baturaja) 471,24 kilometer, dan jalan penghubung 645 kilometer.
 
"Dari total 1.600,18 kilometer, hanya ada 7,9 persen atau 138 kilometer yang belum mantap. Sementara untuk jembatan dalam kondisi mantap 70 persen," kata Budi.
 
Untuk mengantisipasi padatnya lalu lintas dalam momen mudik tahun ini, BBPJN telah menyiagakan 19 posko Lebaran dengan sejumlah alat berat beserta personel dari 24 April-16 Mei 2022. Sebanyak lima posko berada di jalan lintas timur, yakni di Desa Simpang Bayat Kecamatan Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin, dan di Desa Tungkal Iir Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin.
 
Baca: Sempat Macet 2 Hari, Jalinsum Timur Palembang-Banyuasin Kembali Normal
 
Selain itu, di KM 16 Kecamatan Talang Kelapa Kelurahan Sukajadi Kabupaten Banyuasin, di Desa Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, dan di Muara Burnai II Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir.
 
Sedangkan di jalan lintas tengah terdapat lima posko dan di jalan lintas penghubung terdapat enam posko. Di Kota Palembang terdapat tiga unit di Jalan H.M. Noerdin Pandji No 78 Karya Baru, Jalan Abdul Rozak (Depan SMA Kusuma Bangsa), dan Jalan Alamsyah Ratu Perwiranegara, Kecamatan Ilir Barat I.
 
"Alat berat yang kami siagakan ini kantor BBPJN diupayakan bisa menuju lokasi kerusakan dalam waktu 2-8 jam untuk radius 45 jam, tapi jika di posko-posko bisa dalam 2-3 jam sehingga bisa memastikan kelancaran jalur mudik," ujar dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif