Ilustrasi--Para ASN di lingkungan kerja Pemprov DKI Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
Ilustrasi--Para ASN di lingkungan kerja Pemprov DKI Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)

Pemkot Semarang Menunggu Pusat soal Pemangkasan Eselon

Nasional pns ASN
Mustholih • 13 November 2019 20:40
Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait perampingan sistem kepegawaian negeri sipil. Pemprov Semarang belum melakukan pemangkasan eselon karena ketiadaan arahan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
 
"Belum ya, karena ini dari KemenPAN-RB. Perampingan di Kota Semarang belum ada wacana dan belum ada arahan dari Bapak Wali Kota. Jadi kita tinggal menungu saja kebijakan dari Pusat," kata Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 13 November 2019.
 
Hevearita memastikan pihaknya siap melakukan perampingan eselon sesuai kehendak Presiden Joko Widodo. Dia menegaskan perampingan tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja pelayanan Pemerintah Kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berkali-kali Bapak Wali Kota sudah menyampaikan teman-teman ASN ini harus siap. Karena sebetulnya kemampuan mereka yang akan menjadikan dirinya mendapatkan prestasi," ujarnya.
 
Dia menyatakan PNS eselon tiga dan empat akan menjadi fungsional bila pemangkasan eselon resmi diberlakukan. PNS di lingkungan Pemerintah Kota diminta segera mempersiapkan diri.
 
"Nantinya tidak ada lagi urutan kacang. Tapi kompetensi dan prestasi. Tentunya ASN harus bersiap-bersiap bahwa kebijakan itu akan turun," jelasnya.
 
Presiden Jokowi menagih perampingan jabatan struktural PNS segera diwujudkan. Jokowi menilai pemangkasan harus dimulai dari eselon empat dan tiga.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif