Foto udara banjir yang melanda Kampung Bojongasih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020). ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Foto udara banjir yang melanda Kampung Bojongasih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020). ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI

413 Sekolah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Nasional longsor bencana longsor bencana banjir
ant • 27 Januari 2020 15:27
Bandung: Sebanyak 413 sekolah di Kabupaten Bandung terendam banjir. Banjir juga merendam 15.100 unit rumah warga, dan 78 tempat ibadah.
 
Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu mengatakan banjir mulai menerjang kawasan tersebut pada Kamis, 23 Januari 2020. Banjir akibat intensitas hujan yang tinggi dan luapan air dari Sungai Citarum.
 
Dia mengatakan jumlah warga terdampak akibat banjir yang menerjang Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang dan Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung hingga saat ini mencapai 8.046 kepala keluarga (KK) atau sekitar 59.917 jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, personel BPBD Provinsi Jabar dan Kabupaten Bandung melakukan assessment dan evakuasi warga Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot bersama muspika kecamatan, kelurahan, desa dan penggiat kebencanaan.
 
"Kami juga melakukan monitoring ke lokasi pengungsian bersama pihak terkait ke sejumlah lokasi," kata dia.
 
Dia menambahkan meskipun ketinggian air mengalami penurunan sekitar 10 sentimeter di beberapa lokasi namun ruas Jalan Andir-Katapang masih tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.
 
Sementara itu, ruas Jalan Laswi Ciparay, Majalaya yang sebelumnya tidal bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat saat ini sudah bisa dilalui.
 
Sedangkan ruas Jalan Sapan Desa Tegalluar hingga saat ini masih tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.
 
"Oleh karena itu kami mengirimkan bantuan peralatan ke lokasi seperti perahu karet lima unit, perahu fiber tujuh unit, perahu almunium tiga unit dan juga tenda pleton dua unit," katanya.
 
BPBD juta telah mengirimkan bantuan logistik untuk empat kecamatan terdampak banjir seperti mie instan 35 dus, air mineral 50 dus, selimut 78 lembar, paket sembako 50 paket dan matras 59 lembar.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif