Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Sejumlah Waduk di Jateng Mulai Mengering

Nasional kemarau dan kekeringan
Mustholih • 17 Juli 2019 16:45
Semarang: Seluruh waduk di Provinsi Jawa Tengah mengalami penyusutan debit air secara signifikan pada musim kemarau tahun ini. Bahkan, sebagian waduk ada yang sudah mengering.
 
Secara keseluruhan, ada 41 bendungan atau waduk di Jawa Tengah. Perinciannya, sembilan waduk yang menampung air di atas 10 juta meter per kubik dan 32 waduk yang menampung air kurang dari 10 juta meter per kubik.
 
"Saat ini, air waduk di atas 10 juta kubik itu 70 persen dari kapasitas tampung. Sisanya terisi 63 persen. Ada juga kondisi-kondisi waduk kosong," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sumberdaya Air, dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah, Eko Yunanto, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 17 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yunanto, waduk-waduk yang telah mengering itu, antara lain, Waduk Tempuran di Blora, Waduk Sanggeh di Grobogan, dan Waduk Botok di Sragen. Padahal, kata Yunanto, waduk turut menyumbang 25,7 persen pelayanan irigasi bagi kebutuhan air bersih dan pertanian.
 
"Pelayanan irigasi di Jateng 25,7 persen itu dari waduk. Sisanya dari 135 sungai tanpa didukung waduk," ungkap Yunanto menegaskan.
 
Untuk mengantisipasi krisis air bersih, kata Yunanto, Pemerintah Provinsi Jateng sudah membuat gerakan seribu embung. Bahkan, gerakan itu bisa dibilang melebihi target.
"Seribu embung itu gerakan. Saat ini kami sudah bangun 81 embung. 2019 kami bangun 11 embung. Jadi nanti ada 92 embung Tapi secara kumulatif, catatan kami sudah 1.190 embung. Dengan berbagai kategori. Ada yang luasan lebih kecil," jelas Yunanto.
 
Yunanto menyatakan pembuatan embung di Jateng semula bertujuan untuk menjawab kekeringan air baku. "Tidak selalu untuk padi. Tapi untuk tanaman berekomoni tinggi seperti kelengkeng, buah naga," ungkap Yunanto.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif