Proses pencarian korban longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara)
Proses pencarian korban longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara)

BPBD Bogor Lepas Komando Penanganan Bencana

Nasional longsor tanah longsor bencana longsor
Rizky Dewantara • 09 Januari 2020 12:52
Bogor: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor tak lagi diberi kewenangan dalam penanganan bencana. Pemkab Bogor, Jawa Barat, menunjuk Danrem 06/Suryakencana Brigjen Novi Helmi Prasetia untuk mengambil alih tugas Ketua BPBD Yani Hassan.
 
"Dari hasil evaluasi, selama ini (penanganan bencana) kurang koordinasi. Dengan satu komando semoga lebih terkoordinasi dan efektif menangani bencana di sebagian besar wilayah Kabupaten Bogor," ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Pelepasan kewenangan Yani Hassan, kata Burhanudin, berkenaan dengan persoalan koordinasi. Namun dia meminta hasil kerja Yani tetap harus diapresiasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak ingin menyalahkan mereka karena ini bencana. Kalau memang ada kurang di sana-sini terkait penanganan bencana harus maklum," ungkapnya.
 
Burhanudin menjelaskan pengangkatan Brigjen Novi Helmi sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Bogor Nomor: 360/46/kpts/Per-UU/2020 tentang pembentukan pos komando penanganan darurat bencana daerah Kabupaten Bogor.
 
"Saat ini komando ada di Danrem 06/Suryakencana. Sedangkan untuk instruksi di lapangan ada di Dandim 0621/ Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno," jelasnya.
 
Ia menambahkan seluruh petugas yang bekerja di lapangan akan diatur secara struktur dengan tupoksi yang jelas. Termasuk pembagian tugas di lapangan dan luar lapangan dari satu komando.
 
"Intinya penanganan bencana dengan satu komando, harapannya lebih cepat terkoordinasi. Saya kira seluruh SKPD sudah paham dalam bertugas," tegas dia.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif