BPBD Tak Berkutik Tangani Kebakaran Lahan di Bolmong

Mulyadi Pontororing 13 September 2018 11:44 WIB
kebakaran lahan dan hutan
BPBD Tak Berkutik Tangani Kebakaran Lahan di Bolmong
Ilustrasi kebakaran hutan, Medcom.id - M Rizal
Manado: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, tak dapat memadamkan api yang membakar hutan di kawasan Bolaang. Sebab, BPBD tak pernah mendapat laporan resmi soal kebakaran hutan dan lahan.

Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga mengaku tak bisa bertindak memadamkan api. Sebab, BPBD bertindak bila mendapat laporan kebakaran hutan dan lahan.

Baca: Karhutla di Bolmong Akibat Kebiasaan Turun-temurun


"Apalagi peralatan kami sangat terbakar. Jadi, kami harus tahu persis dulu lokasi kebakaran sebelum ke sana," ujar Haris melalui sambungan telepon kepada Medcom.id, Kamis, 13 September 2018.

Padahal, kata Haris, ia mengandalkan laporan itu untuk mendatangi lokasi kebakaran. BPBD juga dapat menghitung luas area yang terbakar dan kerugiannya.

Tapi, BPBD tak dapat melakukan itu bila tak ada laporan. Meski demikian, BPBD tetap memantau potensi kebakaran di beberapa lokasi.

"Kita ada TRC di Kecamatan Poigar dan Inobonto, tapi tidak ada masyarakat atau aparat pemerintah setempat yang melaporkan adanya kebakaran lahan," lanjut Harris.

Harris menyebutkan lahan terbakar akibat sengaja dilakukan oleh orang yang membuka lahan pertanian atau perkebunan. Kesengajaan itu menjadi kebiasaan turun temurun di Bolmong.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id