Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Pemkot Malang Bebaskan Retribusi Pelayanan Pasar Selama PPKM

Nasional pandemi covid-19 vaksin covid-19 protokol kesehatan PPKM Darurat
Daviq Umar Al Faruq • 05 Agustus 2021 10:37
Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberikan pembebasan retribusi pelayanan pasar tahun 2021 kepada warga Kota Malang, Jawa Timur. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk memproteksi dampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 yang berkepanjangan.
 
"Ini kita ambil dan rumuskan sejak awal diberlakukannya PPKM Darurat yang saat ini bertransformasi ke PPKM Level 4. Dan salah satunya yang kita cermati adalah penurunan aktivitas perdagangan di pasar rakyat," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Kamis, 5 Agustus 2021.
 
Baca: 16 Ribu Nakes di Palembang Segera Divaksinasi Ketiga

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutiaji berharap kebijakan pembebasan ini dapat memberi kelonggaran para pedagang dari himpitan situasi pandemi covid-19. Selain itu juga dapat memberi semangat serta rasa tenang para pedagang untuk menjalankan usaha.
 
Kebijakan ini diambil berdasarkan ketentuan dalam Pasal 63 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum, bahwa wali kota dapat memberikan pembebasan retribusi daerah kepada wajib retribusi atau terhadap objek retribusi tertentu.
 
"Terlebih pada kondisi dan situasi seperti saat ini," jelas Sutiaji.
 
Adapun pembebasan retribusi daerah sebagaimana dimaksud meliputi pembebasan atas pokok retribusi pelayanan pasar dan pembebasan atas pokok retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan.
 
Kemudian pembebasan atas pokok retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan hanya khusus untuk pelayanan persampahan atau kebersihan di pasar.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif