Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bertemu perwakilan IDI di Surabaya. (Foto: Istinewa)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bertemu perwakilan IDI di Surabaya. (Foto: Istinewa)

50% Pasien Covid-19 di Surabaya dari Luar Daerah

Nasional Virus Korona
Syaikhul Hadi • 11 Mei 2020 21:36
Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menyebut sebagian pasien covid-19 yang dirawat di Kota Pahlawan, berasal dari luar Surabaya. Seperti di RS Soewandhie dan RS BDH.
 
“Kalau dia OTG (orang tanpa gejala) lalu kemana-mana di Surabaya, ini yang berat bagi kami. Belum lagi kalau dia bawa keluarga, sedangkan di salah satu keluarganya sudah ada yang positif," ujar Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Senin, 11 Mei 2020.
 
Dia berharap semua orang mengikuti protokol kesehatan dan aturan. Sehingga tidak semua orang atau pasien harus dirujuk ke Surabaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau (sakit) sedang-sedang saja dan masih bisa diatasi di daerah, kenapa harus dirujuk ke rumah sakit di Surabaya? Semoga segera ada solusi,” kata Risma.
 
Baca juga:174.332 KK di Surabaya Mulai Terima Bansos Tunai Kemensos
 
Sementara itu Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya, Brahmana Askandar mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkot Surabaya. Sebab, tracing yang dilakukan pemkot sudah sangat baik, sehingga dapat mendeteksi sejak dini pasien covid-19.
 
“Cuma masalahnya rumah sakit Surabaya adalah rujukan dari seluruh Jawa Timur. Bahkan, sebelum covid-19 pun, Surabaya selalu menjadi rujukan,” kata Brahmana.
 
Kendati demikian, ungkapnya, IDI akan mengatur regulasi dan menyosialisasikan proses rujukan. Sehingga nanti yang bisa ditangani oleh daerah, tidak perlu dirujuk ke Surabaya.
 
“Mungkin ini hanya perlu disosialisasikan lagi dan didiskusikan lagi dengan rumah sakit di daerah, supaya tidak semuanya dirujuk ke Surabaya. Rumah sakit yang sudah ditetapkan menjadi rujukan di Jatim itu sudah dianggap mampu menangani pasien covid-19, baik dari segi fasilitas maupun sumber dayanya,” jelas dia.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif